Analisis Pelayanan Publik Milik Pemerintah Terkait Manajemen Layanan Sistem Informasi di PT KAI
Pelayanan Publik Milik Pemerintah yaitu segala
bentuk jasa layanan, baik berupa barang publik maupun jasa publik yang pada
prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah,
dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka
pelaksanaan peraturan perundang – undangan.
Manajemen adalah ilmu yang
mempelajari tentang seni dan pengorganisasian. Contohnya, menyusun perencanaan,
membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian
atau pengawasan.
Apa pelayanan sistem informasi yang terbaru di PT
KAI?
Di era digitalisasi ini PT KAI mulai menciptakan
sistem pemesanan tiket online, ide ini muncul pertama kali di tahun 2012,
sesuai dengan Annual Report (Laporan
Tahunan) PT KAI pada tahun tersebut bertajuk ‘Preparation to Growth’. Di tahun selanjutnya, sistem ini mulai
diterapkan dan tercetuslah slogan ‘Transformation to Service Excellence’ pada sampul laporan tahunan PT KAI tahun 2013, yang memiliki
makna peningkatan pelayanan pada berbagai sektor, dimana salah satu wujudnya
adalah penerapan sistem sistem pemesanan tiket online.
Kapan pertama kali rilisnya sistem online ini?
PT KAI merilis sistem ini pada tanggal 26 juli 2013
Kenapa sistem online ini diciptakan?
Supaya memudahkan para calon penumpang dalam mendapatkan tiket yang
dibutuhkan tanpa harus mengantri di loket.
Dimana sistem ini bisa diakses?
Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk pemesanan
tiket melalui sistem online ini, yang pertama melalui sistem yang dihosting
sebagai subdomain dari website resmi PT KAI yakni http://tiket.kereta-api.co.id
dan yang kedua melalui channel mitra PT KAI baik itu website online, mini
market, maupun aplikasi smartphone.
Bagaimana penilaian pelanggan terhadap sistem ini?
Dengan adanya sistem online ini, memberikan
peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan karena pelanggan tidak perlu lagi untuk antri membeli tiket, bisa menghemat
waktu dan biaya, pemesanan juga relatif cepat dan tiket segala jurusan juga
bisa di pesan melalui sistem online.
Kesimpulan :
Jadi dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa
pemesanan tiket melalui sistem online memberikan banyak keuntungan dan
kemudahan bagi pelanggan yang ingin memesan tiket tanpa harus antri.
Link Referensi
Komentar
Posting Komentar