Analisis Pelayanan Publik Milik Pemerintah Terkait Manajemen Layanan Sistem Informasi di PT KAI

Analisis merupakan kemampuan dalam memecahkan atau menguraikan suatu materi atau informasi menjadi komponen – komponen yang lebih kecil sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Pelayanan Publik Milik Pemerintah yaitu segala bentuk jasa layanan, baik berupa barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan peraturan perundang – undangan.

Manajemen adalah ilmu yang mempelajari tentang seni dan pengorganisasian. Contohnya, menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan.

Apa pelayanan sistem informasi yang terbaru di PT KAI?
Di era digitalisasi ini PT KAI mulai menciptakan sistem pemesanan tiket online, ide ini muncul pertama kali di tahun 2012, sesuai dengan Annual Report (Laporan Tahunan) PT KAI pada tahun tersebut bertajuk ‘Preparation to Growth’. Di tahun selanjutnya, sistem ini mulai diterapkan dan tercetuslah slogan ‘Transformation to Service Excellence’ pada sampul laporan tahunan PT KAI tahun 2013, yang memiliki makna peningkatan pelayanan pada berbagai sektor, dimana salah satu wujudnya adalah penerapan sistem sistem pemesanan tiket online.

Kapan pertama kali rilisnya sistem online ini?
PT KAI merilis sistem ini pada tanggal 26 juli 2013

Kenapa sistem online ini diciptakan?
Supaya memudahkan para calon penumpang dalam mendapatkan tiket yang dibutuhkan tanpa harus mengantri di loket.

Dimana sistem ini bisa diakses?
Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk pemesanan tiket melalui sistem online ini, yang pertama melalui sistem yang dihosting sebagai subdomain dari website resmi PT KAI yakni http://tiket.kereta-api.co.id dan yang kedua melalui channel mitra PT KAI baik itu website online, mini market, maupun aplikasi smartphone.

Bagaimana penilaian pelanggan terhadap sistem ini?
Dengan adanya sistem online ini, memberikan peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan karena pelanggan tidak perlu  lagi untuk antri membeli tiket, bisa menghemat waktu dan biaya, pemesanan juga relatif cepat dan tiket segala jurusan juga bisa di pesan melalui sistem online.

Kesimpulan :
Jadi dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pemesanan tiket melalui sistem online memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi pelanggan yang ingin memesan tiket tanpa harus antri.

Link Referensi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TASK 5: ADVERB CLAUSES

TASK 2: INCOMPLETE INDEPENDENT CLAUSES PART 2

TASK 1: INCOMPLETE INDEPENDENT CLAUSES PART I