COBIT


Definisi Singkat Information Technology Service Management (ITSM)
Information Technology Service Management (ITSM) atau manajemen layanan sistem informasi adalah konsep manajemen dalam memberikan layanan teknologi  informasi dengan baik dan berhasil kepada pelanggan.
Contohnya terkait produk yang dijual oleh pebisnis. Produk yang dipasarkan haruslah memiliki kualitas yang bagus, bernilai dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pelanggan. Sehingga apabila pelanggan merasa puas dengan produk tersebut, maka penerapan dari konsep manajemen ini telah berhasil.
Salah satu kerangka kerja (framework) yang dianggap dapat memberikan contoh penerapan ITSM (Information Technology Service Management) adalah COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology).

Definisi COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology)
COBIT merupakan salah satu framework yang menyediakan berbagai macam layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya.
Kajianpustaka.com (2014) menyatakan bahwa COBIT adalah standar kontrol yang dapat digunakan secara umum pada teknologi informasi, dengan menyediakan kerangka kerja dan kontrol terhadap teknologi informasi yang dapat digunakan dan diterima pada dunia international. COBIT berguna untuk membantu manajemen menyelaraskan antara resiko dan investasi dalam pengendalian IT. Adapun manfaat untuk user adalah dapat memperoleh keyakinan atas layanan keamanan dan pengendalian IT yang telah disediakan oleh pihak internal maupun pihak ketiga. Dan untuk auditor dapat digunakan sebagai pendukung atau alat memperkuat opini yang dihasilkan dalam memeriksa suatu kondisi perusahaan atau organisasi dan juga memberikan saran perbaikan atau tindakan lanjut terhadap kondisi yang ada pada pihak manajemen atas pengendalian internal yang ada.

Sejarah COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology)
COBIT mengalami beberapa kali pembaharuan dalam versinya.
-          COBIT edisi pertama rilis tahun 1996.
-          COBIT edisi kedua rilis tahun 1998.
-          COBIT edisi 3.0 rilis tahun 2000.
-          COBIT edisi 4.0 rilis tahun 2005.
-          COBIT edisi 4.1 rilis tahun 2007.
-          COBIT edisi 5 rilis tahun 2012.





COBIT 5 Equivalents to COBIT 4.1 Information Criteria
COBIT 4.1 Information Criteria
COBIT 5 Equivalents
Effectiveness (Efektivitas)
Dikatakan informasi yang efektif apabila sesuai dengan kebutuhan dari pengguna yang akan menggunakannya. Dan informasi yang didapat harus relevan atau sesuai dengan kenyataan dan berkaitan dengan proses bisnis perusahaan, konsisten sehingga dapat dipercaya, dan tepat waktu. Ini sesuai dengan tujuan kualitas informasi berikut: appropriate amount, relevance, understandbility, interpretability, and objectivity.
Effeciency (Efisiensi)
Mendapatkan informasi dari sumberdaya yang menyediakan informasi paling optimal (bersifat produktif dan ekonomis). Sedangkan efektivitas menganggap informasi sebagai produk, efisiensi lebih berhubungan dengan proses memperoleh dan menggunakan informasi, sehingga menyelaraskan ke tampilan 'informasi sebagai layanan'. Jika informasi yang memenuhi kebutuhan konsumen informasi dikumpulkan dan digunakan dalam cara yang mudah (yaitu, dibutuhkan beberapa upaya sumber daya-fisik, kognitif upaya, waktu uang), maka penggunaan informasi efisien. Ini sesuai dengan tujuan kualitas informasi berikut:  believability, accessibility, ease of operation, reputation.
Confidentially (Kerahasiaan)
Berhubungan dengan perlindungan keamanan (proteksi) pada informasi penting dari pihak-pihak yang tidak memiliki kewenangan (hak otorisasi). Confidentiality corresponds to the restricted access information quality goal.   
Integrity (Integritas)
Saling terjadinya keterhubungan antar keakuratan dan kelengkapan data/informasi dan tingkat kebenaran (validitas) yang sesuai dengan ekspektasi dan nilai bisnis. Ini sesuai dengan tujuan kualitas informasi berikut: completeness, accuracy.
Availability (Ketersediaan)
Data/informasi tersedia ketika diperlukan, dimana hal ini berfokus pada ketersediaan akan data/informasi yang akan digunakan saat ini maupun akan datang. Hal ini berkaitan dengan pengamanan pada sumberdaya yang diperlukan dan terkait atau terhubung. Ketersediaan adalah salah satu tujuan kualitas informasi di bawah accessability dan pos keamanan.
Compliance (Kepatuhan)
Pemenuhan data/informasi sesuai dengan ketentuan hukum, peraturan, dan rencana perjanjian/kontrak untuk proses bisnis.
Reliability (Handal)
Pemberian informasi yang tepat bagi manajemen yang dapat membantu dalam pengoperasian perusahaan dan pemenuhan kewajiban dalam pembuatan laporan keuangan. Keandalan sering dianggap sebagai sinonim akurasi; Namun, dapat juga dikatakan bahwa informasi handal jika ia dianggap sebagai benar dan kredibel. Dibandingkan dengan integritas, keandalan lebih subyektif, lebih berkaitan dengan persepsi dan tidak hanya faktual. Sesuai dengan tujuan kualitas informasi berikut: believability, reputation, objectivity




COBIT 5
COBIT 5 menyediakan kerangka kerja komprehensif yang membantu perusahaan dalam mencapai tujuan mereka untuk pemerintahan dan manajemen perusahaan IT. Secara sederhana, membantu perusahaan menciptakan nilai optimal dengan menjaga keseimbangan antara menyadari manfaat dan mengoptimalkan tingkat risiko dan penggunaan sumber daya. COBIT 5 memungkinkan untuk diatur dan dikelola dengan cara holistik untuk seluruh perusahaan, mengambil penuh end-to-end dan IT fungsional bidang tanggung jawab, memperhatikan kepentingan berhubungan dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal. COBIT 5 generik dan berguna bagi perusahaan dari semua ukuran, Apakah komersial, not-for-profit atau dalam sektor publik. 







Referensi:


COBIT 5
A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TASK 5: ADVERB CLAUSES

TASK 2: INCOMPLETE INDEPENDENT CLAUSES PART 2

TASK 1: INCOMPLETE INDEPENDENT CLAUSES PART I